Earn $$ with WidgetBucks!

Welcome to PR-Sekolah

Posted by PR-Sekolah On February 2009

Selamat datang di PR-Sekolah - Solusi Pas Pelajar Cerdas.Kalian bisa mendapatkan Artikel, Animasi, Software hingga Berita Pendidikan disini khusus buat kamu.Ada juga Rubrik Techno, Dunia Islam, juga Hiburan.Special for you by PR-Sekolah !

PR-Sekolah Logo

Kumpulan Animasi Pelajaran

Posted by PR-Sekolah On February 2009

Disini kalian bisa mendownload animasi dan software untuk kegiatan belajar dan mengajar secara cuma-cuma. Animasi disini dibuat oleh Pustekkom maupun oleh pembuat yang lainnya. Software pendidikan ini meliputi software untuk pelajaran IPA (Kimia, Fisika, Biologi) dan Matematika.

PR-Sekolah Logo

Berita Pendidikan Up-to-Date

Posted by PR-Sekolah On February 2009

Kalian bisa mengetahui tentang kabar terkini dari dunia pendidikan di Indonesia, mulai dari berita untuk siswa hingga para guru yang dihimpun dari pewarta berita terkemuka. Jangan sampai kalian tidak mengetahui dunia pendidikan negeri sendiri ya!

PR-Sekolah Logo

Request Tugas dan Keinginan Kalian

Posted by PR-Sekolah On February 2009

Kalan bisa merequest tugas dan keinginan disini yang masih meliputi tentang pendidikan, pelajaran, artikel dan teknologi. Sebisa dan secepat mungkin PRSekolah akan memproses dan menayangkan request kalian, para pelajar cerdas !

PR-Sekolah Logo

Masuklah ke Gelombang Konsentrasi Otak

Posted by PR-Sekolah On February 2009

Dengarkan Music Meditation yang berada di sebelah kanan dan relaksasikan diri kalian untuk dapat meningkatkan konsentrasi dan kenyamanan untuk belajar. Belajarlah dengan Cerdas, bukan dengan Keras. Belajarlah dengan Cermat, bukan dengan Giat!

PR-Sekolah Logo
CO.CC:Free Domain

Rangking UI Meningkat Pesat Mendekati 200 Dunia

Posted by Wahyu Putra On 8:18 PM


Kamis, 8 Oktober 2009, lembaga pemeringkat perguruan tinggi prestisius Times Higher Education QS World University Ranking (THE QS World ) mengumumkan secara resmi rangking 500 Universitas terbaik di dunia untuk tahun 2009. Mengingat jumlah perguruan tinggi di seluruh dunia mencapai ratusan ribu, THESS melakukan survey dan analisa hanya pada 5000 perguruan tinggi. Hanya universitas-universitas memiliki kualitas tingkat dunia yang dapat masuk dalam kelompok terhormat 500 besar.

Adapun indikator yang dijadikan rujukan THESS dalam membuat rangking diantaranya adalah: 1. Performa riset dan publikasi; 2. Performa dalam pengajaran seperti selektivitas, efisiensi internal, prestasi mahasiswa, dsb., 3. Internasionalisasi, dan 4. Performa lulusan dalam kaitan dengan penyerapannya oleh pasar tenaga kerja; serta 5. Governance.

Dalam rangking tersebut Universitas Indonesia (UI) meningkat secara tajam hampir menduduki rangking 200 dunia (rangking 201) dibandingkan dengan rangking tahun 2008 (rangking 287), dan rangking tahun 2007 adalah 395. UI mengalahkan beberapa Universitas-Universitas prestisius di Filipina, Malaysia dan Vietnam. Bahkan dalam bidang social science (rangking 102) dan arts and humanities (rangking 104), UI mendekati rangking 100 dunia. Dengan demikian, UI termasuk dalam universitas elit di Asia (rangking 34 Asia) dan ASEAN (rangking 5) dan rangking tersebut mencerminkan UI sangat diperhitungkan di dunia sebagai raising university.

Hal ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi bangsa dan negara. Seiring dengan pengakuan Indonesia sebagai salah satu kekuatan ekonomi Indonesia dengan masuk ke dalam kelompok ekonomi dunia yang penting yakni G 20, prestasi UI bersama-sama dengan ITB dan UGM (tahun lalu ITB dan UGM berada di kelompok 400 ) masuk dalam kelompok Universitas penting besar dunia turut merefleksikan meningkatnya pengaruh Indonesia dalam kancah global, terutama pada sektor pendidikan.

Prestasi tinggi UI tidak lepas dari kerja keras bangsa Indonesia, seperti pemerintah, industri, masyarakat serta seluruh warga Civitas Academica UI (karyawan, para dosen dan mahasiswa). Selain itu untuk mewujudkan misinya sebagai the World Class Research University, Universitas Indonesia terus menerus mengimplementasikan integrasi melalui tiga pilar: konsolidasi internal, horisontalisme, dan kolaborasi global.

Pencapaian dalam peringkat Universitas dunia ini sejalan dengan mahasiswa UI meraih prestasi gemilang pada sekitar 17 kompetisi tingkat internasional.

Prestasi-prestasi mahasiswa UI tersebut diantaranya:
  • English Debate Society UI pada lomba debat bahasa Inggris di Melbourne, Australia, menjadi juara pertama.
  • Kelompok Paduan Suara Mahasiswa Paragita UI pada International Competitions of Choral Singing di Austria memperoleh juara 1 untuk kategori A
  • Mahasiswa UI pada World Mathemathics Championship di Beograd, Serbia, memperoleh gelar honorable mention.
  • Tim UI pada kompetisi Triennial Intervarsity Games (TIG) di Singapura memperoleh 2 emas serta 2 perak.
  • Mahasiswa UI memperoleh Honorable Speaker dalam Willem C. Vis International Commercial Arbitration Moort Competition.
  • Tim Liga Taro Mahasiswa Krida Budaya memperoleh juara II pada festival di Polandia
  • Mahasiswa UI memperoleh the third best speaker dalam Word University Debating Championship di Cork University, Irlandia
  • Tim (Mahasiswa Pencinta Alam) Mapala UI juara I IRF Rafting World Cup Series di Jepang
  • Mahasiwa UI memperoleh juara II di 3rd International Medical Student di Beograd Serbia.

Dalam bidang riset dan pengajaran UI terus menerus melakukan pembenahan baik dalam hal kuantitas serta kualitas selama satu tahun ini. Jumlah publikasi penelitian baik nasional dan internasional yang dihasilkan oleh peneliti UI tahun 2009 meningkat menjadi 10.050 publikasi dari 9.050 publikasi di tahun 2008. Kemudian, jumlah peneliti di UI sendiri meningkat menjadi 1.005 peneliti di tahun 2009 dari 937 penelitidi tahun 2008.

Internasionalisasi terus dilakukan pada berbagai bidang. UI bekerjasama dengan berbagai universitas terkemuka di Australia, misalnya dengan Australian National University, serta di Eropa, seperti dengan University of Amsterdam, menawarkan double degree program. Selain itu melalui Research Center yang berbasis di kampus, UI berkolaborasi dengan beberapa Universitas-Universitas terkemuka dunia lainnya, seperti University of Oxford dan Australian National University. Jumlah parner UI yang aktif di tingkat internasional kini mencapai 171 perguruan tinggi, dengan persentase terbesar di kelompok/ rangking 200 besar dunia.

Demi memperoleh akademisi yang berwawasan global dan berkualitas internasional UI terus menerus mengirimkan dosen dan penelitinya ke luar negeri di berbagai institusi akademik atau lembaga peneliti yang kredibel guna menimba ilmu. Saat ini sebanyak 325 peneliti dan dosen UI yang telah dikirim ke luar negeri, meningkat dibanding 2008.

Dengan upaya-upaya yang telah dilakukan serta prestasi yang telah dicapai, UI semakin menegakkan diri menjadi salah satu academic hub di Asia bahkan dunia.

0 Response to "Rangking UI Meningkat Pesat Mendekati 200 Dunia"

Post a Comment

Tinggalkan komentar anda atas postingan di atas guna menyempurnakan dan membangun untuk kedepannya.

Meditation Music

Program Tanam 1000 Blogs

Murid terlambat disuruh pulang. Guru terlambat dibuka dengan lapang. Tanya kenapa ?

Blog Archive

Supported Link